Kamis, 10 Mei 2012

Suka Pedas?? Baca Ini Dulu~

Makanan pedas memang sulit dipisahkan dari lidah orang Indonesia.  Memang mayoritas orang Indonesia menyukai rasa pedas yang berasal dari cabai seperti artikelnya mengenai resep Ramen Goreng Pedas.  Bahkan seringkali kita merasa kurang pas jika makan tidak ada sambal.  Makanan pedas memang membuat selera makan makin meningkat, semakin pedas makan akan semakin enak kita menyantap makana terssebut.

Makanan pedas memang sulit dipisahkan dari lidah orang Indonesia.  Memang mayoritas orang Indonesia menyukai rasa pedas yang berasal dari cabai
Namun ternyata kita nggak boleh sembarang makan makanan pedas karena bila kita makan makanan pedas secara berlebihan akan berdampak pada kesehatan.  Cabai sendiri mengandung zat capsaicin yang memiliki efek iritatif.  Berikut lima dampak dari makanan pedas:

Sakit Maag
Buat penderita sakit maag sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena capsaicin ini meningkatkan produksi asam lambung.  Mungkin jika menyukai rasa pedas boleh-boleh saja namun jangan sampai berlebihan sehingga membuat perut sakit

Diare
Tentunya kita sudah mengetahui hal ini jika makanan pedas dikonsumsi secara berlebihan maka akibatnya adalah sakit perut alias diare. Makanan pedas termasuk makanan yang dapat mengiritasi mukosa lambung dan usus dan ini bisa memperparah diare

Alergi
Ternyata makanan pedas bisa menyebabkan alergi pada lidah yang berakibat makanan menjadi hambar.  Ini sama jika kita mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu panas maka makanan pedas bisa mengakibatkan alergi pada lidah.

Kanker lambung
Hal ini memang  masih kontroversial, namun beberapa penelitian mengkaitkan kebiasaan konsumsi makanan pedas dan kanker lambung. Ini terjadi pada komunitas asia yang mengkonsumsi makanan pedas dalam jangka waktu lama dan jumlah besar.

Insomnia
Ternyata nih makanan pedas pun dapat mengganggu pola tidur kita dan menyebabkan kita tak bisa tidur. Bahkan makanan pedas bisa meningkatkan temperatur tubuh dan memicu detak jantung menjadi lebih cepat.

Buat kamu pencinta makanan pedas sebetulnya boleh-boleh saja dalam mengkonsumsi makanan pedas asal masih dalam batas wajar dan tidak merugikan kesehatan.


Sumber :  lapar.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...