Jumat, 28 Juni 2013

Nikah Muda (?)

Heyoooo my sweety bloggy *smoochy smoochy*
Its been a long long time deh gak nulis lagi disini, padahal baru kemaren yak? Hahaha..
Okey.. Kenapa gue mau nulis tentang nikah muda?
Karena waktu itu gue sempet mampir ke sebuah blog, the young mother's blog.. Gak cuma satu, tapi ada 2 blog yang gak sengaja gue klik..
Dan dari blog2 mereka, gue jd mengambil sebuah pelajaran tentang kehidupan pernikahan..

Sebenernya gak bisa di bilang nikah muda juga sih gue, secara umur gue udah 22 tahun.. Banyak koq orang yang nikah seumuran gue, temen2 SMP dan SMA gue contohnya.. Walaupun gue gak pernah dateng 1 kali pun keacara mereka karena gak ada temen yang bisa diajak bareng
Bahkan mereka sekarang ada yang udah punya baby, seneng sih, seneng plus ngiri banget, pengeeeennn punya suami, secara skrg gue tinggal di rumah cuma sama kk gue doang sama istrinya yang gak peduliin gue..
Kalo punya suami, i don't know, ngerasa banget ada yang ngelindungin dan yang bertanggung jawab sama gue..

But, heloooo.. Kehidupan pernikahn gak selamanya romantis dan berjalan mulus.. Yeah, gue tau itu, tau banget malah.. Secara gue dari keluarga yang broken home.. Enggak.. Nyokap sama bokap gue gak cerai, tapi ada masalah lain yang bikin nyokap sama bokap berasa cerai.. Anyway, pelajaran dari bokap dan nyokap itu berasa nyata banget buat gue, kalo kehidupan pernikahan gak selamanya romantis..

Nah, dari blog yang gue baca itu.. Young mother yang pertama, dia adalah seorang young mother yang berani banget mengambil keputusan untuk menikah disaat anak seusia dia lagi pada centil2nya sama cowok.. 16 tahun, booo.. Belum punya KTP, gelaaa..
Bnyak yang bertanya2, "Ih.. Nikah muda pasti hamil di luar nikah tuh.." dan berbagai macam pertanyaan negatif lainnya.. Karena memang umumnya, wanita indonesia menikah itu paling tidak, 18-19 tahun keatas.. Itu yang paling mudanya banget.. Atau secara jelasnya, selepas SMA lah..
Lah ini, baru 16 tahun udah nikah.. Orangtua nya sempt gak setuju dan punya pemikiran, "Apa anak gue bisa lama ya umur pernikahannya?" karena emang dari kasus MBA yang gue pelajari, rata2, umur pernikahan mereka gak lama..

Menikah karena MBA udah pasti bukan karena rasa tanggung jawab, rasa ingin menikah atau mungkin tanpa rasa cinta sama sekali.. Menikah karena MBA, sebagian besar adalah karena nafsu, gue bukan bilang ini sepenuhnya nafsu ya, tapi sebagian besar.. Dan, young mother yang satu ini, dia bisa buktiin, bahwa dengan menikah umur 16 tahun, tanpa MBA, dan sekarang sudah di karuniai 2 orang anak.. Umur pernikahan mereka sekaran sudah 11 tahun.. Wow.. That was amazing kan 


Tapiiii.. Lagi dan lagi, sebuah pernikahan gak selamanya berjalan mulus.. Mungkin orang melihat "Wah.. Pernikahan si anu langgeng2 aja ya, lancar jaya kaya jalan tol.." siapa yang tau bahwa rumah tangga si anu sebenernya banyak masalah, tapi mereka bisa menutupinya dengan sempurna.. Mungkin bukan menutupi, tapi menyelesaikan masalah mereka dengan cara komunikasi yang baik..

Oke.. Young mother yang kedua, dia gak terlalu young young banget.. Menikah saat dia umur 21 tahun.. Menurut gue, usia segitu juga usia dimana kita lagi pengen mengexplore masa muda, lagi pengen2nya main sama temen2, atau menyelesaikan kuliah dan berkarir.. Tapi si ibu yang satu ini berani banget untuk meninggalkan kesenangan dunia, kesenangan masa remajanya, untuk mengabdi kepada keluarga, kepada suami dan anaknya.. Itu keren banget tau gak lo.. Dimana jaman globalisasi sekarang, makin banyak aja karier woman malang melintang..

Coba aja lihat, jaman sekarang, jaraaaaaannnnggg banget, atau bahkan mungkin, mungkin lho ya, kapasitasnya lebih banyak daripda yang jd full time mother.. Gue salut sama ibu2 yang mau memberikan seluruh waktunya untuk keluarga, siang malem sehari2 tanpa libur, tanpa tanggal merah mengurus suami dan anak.. Itu keren bangeeeeett..

Balik lagi ke diri gue sendiri, apakah gue bisa seperti itu?? Meluangkan seluruh waktu gue untuk menjadi seorang full time mother.. Gue selalu tekan kan kediri gue, bahwa gue pengen kaya nyokap, gue pengen ngurus rumah gue sendiri, tanpa di bantu seorang ART.. Ibu2 jaman dulu aja bisa koq, masa gue gak bisa? tapi yeaaahhh, namanya juga seorang Septy Herdianti, kebnykan malesnya daripda rajinnya 

I wish, suatu hari nanti, gue bisa jd full time mother, walaupun masalahnya gak sedikit.. Gue baca2, masalah sama anak itu lebih banyak daripda masalah suami-istri.. Ada yang anaknya males makan, ada yang makan terus sampe gendut, ada yang gak mau nyusu, ada yang asinya gak keluar, adanya asinya deres tapi baby nya gak mau nenen, and so on and so on, banyaaaakk banget masalah sama anak itu.. Tapi balik lagi kediri sendiri, bisa kah kita menghandle itu semua? Oke.. Bisa kah, kita menjadi seorang fulltime moother??

Maybe, only time can answer it 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...