Senin, 07 Oktober 2013

Cinta Untuk Mama

Hanya ini kunyanyikan
Senandung dari hatiku untuk mama
Hanya sebuah lagu sederhana
Lagu cintaku untuk mama

Selamat malam sodara-sodara. Malam ini, saya ingin sekedar bercerita. Cerita tentang seseorang, seseorang yang sangat special, sangat saya sayangi, yang sudah bahagia di alam lain :")

Mungkin dari judulnya aja kalian udah tau gue mau cerita tentang siapa. Iya, Mamah. Orang yang mengandung gue 9 bulan, melahirkan gue, dan merawat gue sampe umur 20 tahun. Sangat singkat, bener-bener sangat singkat, hanya 20 tahun gue bersama mamah, dan selama 20 tahun itu pula, gue gak pernah bahagiain mamah. Gak seperti kakak-kakak gue yang lain, mereka sempet membahagiakan mamah, paling gak, mereka sempet ngasih uang hasil kerja keras mereka untuk mamah. Sedangkan gue? Gue cuma bisa ngerepoti :"(

Sedih, ya? Sedih banget. Seinget gue, gue belom pernah cerita tentang nyokap di blog ini. Maksud gue, kenapa nyokap bisa meninggal. Hmm.. Oke, gue bakal sedikit cerita tentang mamah.

Mamah meninggal 2 tahun yang lalu, tepatnya 12 April 2011. Beliau koma ketika masuk rumah sakit, sampai hari ketujuh kalo gak salah, gue agak-agak lupa kapan nyokap masuk rumah sakit. Waktu gue pulang kuliah, gue kaget banget pas kakak gue yang cewe bukain pintu, matanya sembab, kaya abis nangis gitu. Dan ternyata bener, gue dapet kabar yang sangat sangat mengagetkan, nyokap masuk rumah sakit, dan lagi koma di rumah sakit.

Gue masih inget gimana dulu kita semua sedih, gue sama kakak ipar gue nangis barengan, kita pelukan karena khawatir sama mamah. Sebelum masuk rumah sakit, nyokap sempet muntah-muntah, dan abis itu pingsan langsung gak sadarkan diri. Kebetulan di rumah waktu itu ada kakak perempuan gue dan kakak ipar gue. Mereka berdua, di bantu tetangga, bawa nyokap ke rumah sakit terdekat. Waktu itu kita semua bingun, duit udah abis-abisan, sedangkan mamah sangat butuh obat secepatnya, sekali ada surat tanda tangan, disitu tertulis jumlahnya sekitar 6 jutaan. Kita semua bingung dapet uang dari mana. Dan akhirnya, tanpa gak sengaja, bokap nanya sama suster tentang asuransi, dan ternyata, Alhamdulillah, Subhanallah sekali, bisa pakai asuransi, semua di tanggung. Kita semua legaaaa banget waktu itu :")

Mamah beberapa hari sebelum koma :""")

Mamah udah koma di rumah sakit :""(

Singkat cerita, mamah gak ada perubahan sama sekali. Gak buka mata, mamah cuma ngeluarin air mata, entah lah, mungkin mamah mendengar kita semua menangis dan mengkhaatirkan mamah. Kasian mamah, pasti rasanya sakit banget di tusuk-tusuk pake banyak jarum gitu :"(

Sebelum mamah meninggal, gue dapet kabar dari kakak ipar gue, kalo keadaan nyokap membaik, Alhamdulillah, ada perasaan sedikit lega disana. Kata bokap, kalo mamah sembuh, kita mau motong kambing, syukuran. Tapi rencana tinggalah rencana, beberapa kemudian, sekitar jam 12an (kalo gak salah), gue sama kakak ipar dan pembantu gue (yang kebetulan lagi ada disitu) di panggil keruang ICU. Deg-degan banget, gue tau ini pasti ada sesuatu, pasti ada apa-apa sama mamah, hati gue langsung gak enak, jd gak konsen.

Dan ternyata bener, kata dokter, kondisi mamah sangat menurun, dan ternyata emang saat itu mamah lagi diambil nyawanya, gue sempet ngeliat nyokap waktu arwahnya lagi diambil, kakinya udah dingin, udah gak ada nadi. Suster-suster nyoba buat menekan jantung mamah biar berfungsi kembali, tapi ternyata Allah punya rencana yang lebih indah buat mamah. Akhirnya saat itu mamah meninggal, gue nangis, setengah gak percaya, secepat inikah?

Gue telpon kakak-kakak gue suruh pada dateng kerumah sakit, yang nyampe duluan kakak perempuan gue yang di depok, padahal saat itu beliau baru punya baby, abis melahirkan sebulan yang lalu, tapi terus mamah meninggal :"(

Gue nangis terus dari di rumah sakit, sampe malem harinya pas orang-orang pada dateng melayat. Gue gak bisa nahan air mata gue, rasanya semua kenangan gue sama nyokap tiba-tiba muncul. Gue emang termasuk anak mamah yang paling dekat sama beliau, karena kakak-kakak gue semuanya jauh, jadi sehari-hari, gue emang lebih banyak menghabiskan waktu bersama mamah.

Tapi setelah itu gue udah mulai bisa lebih tegar, gue tau ini yang sangat sangat terbaik buat nyokap. Nyokap sakit, mau sampe kapan nyokap nahan sakit kaya gitu. Allah emang sayang banget sama mamah, gue yakin mamah udah bahagia disana. Gak kebayang misalkan waktu itu mamah sembuh, gak bisa jalan, mamah pasti lebih tersiksa lagi. Gue emang pengen mamah sembuh, bisa ngomong, bisa sama-sama lagi, tapi kalo mamah bangun, sadar dari koma, tapi abis itu mamah jadi gak bisa jalan, atau lebih menderita lagi, gue gak sanggup ngeliatnya, gue gak tega :""(

Gue sayang nyokap, tapi sayang gue, harus gue tunjukkan dengan mengikhlaskan mamah pergi, mendoakan beliau setiap sholat, menjadi anak yang sholehah. Walaupun kadang gue suka ngiri sama orang-orang yang keluarganya masih komplit, yang seumuran gue masih ada yang ngerawat. Tapi setelah gue pikir-pikir, gue gak boleh manja, gue harus jadi cewek mandiri, gak boleh terus bergantung sama mamah, gue kan udah 22 tahun, udah saatnya gue bisa berdiri sendiri, gak harus selalu nempel sama mamah. Dan insya Allah gue bisa jadi lebih mandiri lagi :"")

Pesan buat kalian yang masih mempunyai seorang Ibu, Mamah, Bunda, Ummi, Mammi, sayangilah beliau, sayangilah sebelum beliau tiada. Sungguh, kalian akan sangat sangat sangat kehilangan dan menyesal ketika beliau sudah tiada :")

Kelly - Cinta Untuk Mama




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...